INFO BARU

Sabtu, 04 September 2010

APA ITU ASPARTAME


MASIH INGAT DENGAN SLOGAN 
BEBERAPA MINUMAN RINGAN 
YANG KATANYA meningkatkan stamina, 
menambah tenaga, saya dahulu adalah pengguna minuman ringan tersebut dan baru-baru ini saya dikagetkan oleh pemberitaan di internet mengenai efek samping dari aspartame. apa itu aspartame
menurut wikipedia : Aspartam merupakan pemanis sintetis non-karbohidrat, aspartyl-phenylalanine-1-methyl ester, atau merupakan bentuk metil ester dari dipeptida dua asam amino yaitu asam amino asam aspartat dan asam amino essensial fenilalanina.
Aspartam dijual dengan nama dagang komersial seperti Equal, Nutrasweet dan Canderel dan telah digunakan di hampir 6.000 produk makanan dan minuman di seluruh dunia. Terutama digunakan di minuman soda dan permen. Belakangan aspartam mendapat penyelidikan lebih lanjut mengenai kemungkinan aspartam menyebabkan banyak efek negatif. Dan akhirnya, pangsa pasarnya mulai berkurang direbut oleh pemanis lain yaitu sukralosa.
kemudian kegunaannya menurut Kepala Laboratorium Biokimia Pangan dan Gizi IPB Prof.Dr.ir. Made Astawan MS mengatakan aspartam merupakan pemanis rendah kalori dengan kemanisan 200 kali kemanisan gula (sukrosa), sehingga untuk mencapai titik kemanisan yang sama diperlukan aspartam kurang dari satu persen sukrosa. Seperti banyak peptida lainnya, kandungan energi aspartam sangat rendah yaitu sekitar 4 kCal (17 kJ) per gram untuk menghasilkan rasa manis sehingga kontribusi kalorinya bisa diabaikan sehingga menyebabkan aspartam sangat populer untuk menghindari kalori dari gula.
Keunggulan aspartam yaitu mempunyai energi yang sangat rendah, mempunyai cita rasa manis mirip gula, tanpa rasa pahit, tidak merusak gigi, menguatkan cita rasa buah-buahan pada makanan dan minuman, dapat digunakan sebagai pemanis pada makanan atau minuman pada penderita diabetes.(sumber : wikipedia)

kemudian bagaimana proses metabolismenya di tubuh 
Di antara semua pemanis tidak berkalori, hanya aspartam yang mengalami metabolisme. Tetapi proses pencernaan aspartam juga seperti proses pencernaan protein lain. Aspartam akan dipecah menjadi komponen dasar, dan baik aspartam maupun komponen dasarnya tidak akan terakumulasi dalam tubuh.
Dalam keadaan normal, fenilalanina diubah menjadi tirosina dan dibuang dari tubuh. Gangguan dalam proses ini (penyakitnya disebut fenilketonuria atau fenilalaninemia atau fenilpiruvat oligofrenia, disingkat PKU) menyebabkan fenilalanina tertimbun dalam darah dan dapat meracuni otak serta menyebabkan keterbelakangan mental. Penyakit ini diwariskan secara genetik, tubuh tidak mampu menghasilkan enzim pengolah asam amino fenilalanina, sehingga menyebabkan kadar fenilalanina yang tinggi di dalam darah, yang berbahaya bagi tubuh.
Kedua jenis asam amino ini secara alamiah terkandung dalam berbagai makanan berprotein seperti daging, biji-bijian dan juga produk-produk susu. Namun aspartam dapat dibuat secara sintetis di laboratorium.

 jadi Hati-hati dengan produk makanan dan minuman yang mengandung
Aspartame karena dapat menyebabkan PENGERASAN OTAK atau 
PENGERASAN SUMSUM TULANG BELAKANG dan penyakit yang 
saat ini masih terbilang langka, yaitu LUPUS. Saat ini sedang ada 
wabah Pengerasan Otak atau Sumsum Tulang Belakang dan Lupus. 
Kebanyakan orang tidak mengerti mengapa wabah ini terjadi dan 
mereka tidak mengetahui mengapa penyakit-penyakit ini begitu 
merajalela. Saya akan beritahu Anda mengapa kita menghadapi 
masalah yang serius ini. Saat ini banyak orang menggunakan 
pemanis buatan. Mereka melakukan ini karena iklan di televisi 
yang memberitakan bahwa gula itu tidak baik buat kesehatan mereka. 
Hal ini memang benar sekali. Gula itu merupakan racun bagi tubuh kita, 
akan tetapi, apa yang orang-orang gunakan sebagai pengganti gula, lebih mematikan.
Apa yang saya maksudkan di sini adalah Aspartame. Ini adalah biang 
wabah yang disebutkan di atas. Aspartame merupakan bahan kimia yang mengandung racun, Aspartame telah dipasarkan 
ke seluruh dunia 
sebagai pengganti gula dan dapat dijumpai 
pada semua jenis minuman bagi penderita diabetes, 
hati-hatilah bila mengkonsumsi untuk jangka waktu lama 
atas produk yang mengandung Aspartame ini, 
karena dapat menyebabkan koma, 
bahkan meninggal. Bila ada produk yang mengklaim 
bahwa produk itu bebas gula, 
Apabila anda sudah tahu bahwa suatu produk 
mengandung Aspartame. 
Jangan mengkonsumsi produk tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar